PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran : Al-Islam
Nama
Sekolah : SD Muhammadiyah Karangploso
Kelas/ Semester : II/1
Tahun
Pelajaran : 2015/ 2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Alokasi
Waktu
|
Al-Qur’an/al-Hadits
1. Membaca dan menghafal Al-
Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1 Membaca huruf hijaiyah bersambung dalam Al- Qur’an dengan tepat dan benar.
1.2 Melafalkan Q.S. al-Kafirun, al-Ma’un, dan Quraisy dengan benar.
1.3 Mengenal bacaan Q.S. al-Kafirun,
al-Ma’un, dan Quraisy dengan benar.
1.4 Menghafal Q.S. al-Kafirun, al-Ma’un, dan Quraisy dengan lancar
|
1.1. Huruf hijaiyah
bersambung
1.2. Lafal Q.S. al-Kafirun, al-Ma’un, dan Quraisy
1.3. Bacaan Q.S. al-Kafirun, al-Ma’un, dan al-Quraisy
1.4. Hafalan Q.S. al-Kafirun, al-Ma’un, dan
al-Quraisy
|
8
|
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna
|
2.1 Memahami lima dari Asmaul Husna (ar-Rahman, ar-Rahim, al-Khaliq, al-Qhaffar, dan al-Quddus)
2.2 Memahami arti lima dari Asmaul Husna (ar- Rahman, ar-Rahim, al-Khaliq, al-Qhaffar, dan al- Quddus)
2.3 Menunjukkan bukti bahwa Allah ar-Rahman, ar-Rahim, al-Khaliq, al-Qhaffar, dan al-Quddus
|
2.1. Lima dari Asmaul Husna
(ar-Rahman, ar-Rahim, al-Khaliq, al-Qhaffar, dan al-Quddus)
2.2. Lima dari Asmaul Husna
(Ar-Rahman, Ar- Rahim, Al-Khaliq, Al-Qhaffar, dan Al-Quddus)
2.3. Bukti-bukti bahwa Allah ar-Rahman, ar-
Rahim, al-Khaliq, al-
Qhaffar, dan al-Quddus
|
6
|
Akhlaq
3. Membiasakan Bersikap,
Bersifat dan Berperilaku Terpuji
|
3.1 Menampilkan perilaku kasih sayang kepada teman
3.2 Menampilkan perilaku rendah hati
3.3 Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.4 Menampilkan perilaku disiplin
3.5 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
|
3.1. Adab pergaulan
terhadap sesama
3.2. Pengertian, ciri-ciri, contoh dan manfaat
perilaku rendah hati
3.3. Pengertian, ciri-ciri, contoh dan manfaat
perilaku sederhana
3.4. Perilaku disiplin
3.5. Adab mandi, buang air besar dan kecil
|
6
|
Ibadah/Mu’amalah
4. Memahami Shalat Fardlu
|
4.1 Mengenal shalat fardlu
4.2 Melafadhkan bacaan shalat
4.3 Menghafal bacaan shalat fardlu
4.4 Mengenal gerakan shalat fardlu
4.5 Mengetahui keserasian gerakan dan bacaan dalam shalat fardlu
|
4.1. Shalat fardlu
4.2. Bacaan shalat fardlu
4.3. Hafalan bacaan shalat fardlu
4.4. Gerakan-gerakan shalat fardlu (takbiratul
ihram sampai dengan salam)
4.5.
Gerakan-gerakan shalat fardlu (takbiratul
ihram sampai dengan
|
6
|
Tarikh
5. Mengetahui kota Makkah
sebelum dan sesudah Islam
|
5.1 Mengenal kota Makkah
5.2 Mengetahui keadaan masyarakat Makkah
5.3 Memahami Ka’bah sebagai kiblat
|
5.1. Kota Makkah
5.2. Keadaan bangsa Arab
menjelang kelahiran
Nabi Muhammad
s.a.w.
5.3. Ka’bah dan kiblat umat Islam serta Nabi Ibrahim a.s. dan Ismail a.s
|
6
|
0 Response to "Program Tahunan Kelas 2 Semester 1"
Posting Komentar