PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran : Al-Islam
Nama
Sekolah : SD Muhammadiyah Karangploso
Kelas/ Semester : I/1
Tahun
Pelajaran : 2015/ 2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Alokasi
Waktu
|
Al-Qur’an/al-Hadits
1. Membaca dan menghafal
Al-Qur’an surat pendek
pilihan.
|
1.1 Melafalkan 29 huruf
hijaiyah sesuai makharijul huruf.
1.2 Melafalkan Q.S. al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq dan
al-Ikhlash dengan lancar
1.3 Menghafal Q.S. al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq dan
al-Ikhlash dengan benar
|
1.1. Lafal 29 huruf hijaiyah
1.2. Lafal Q.S. al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq dan al-Ikhlash
1.3. Hafalan Q.S. al- Fatihah, an-Nas, al-
Falaq dan al-Ikhlash.
|
6
|
Aqidah
2. Mengenal Rukun Iman
|
2.1 Menunjukkan keesaan Allah SWT melalui
ciptaan-Nya
2.2 Mengenal Rukun Iman
2.3 Menghafal Enam Rukun Iman
|
2.1. Ke -Esa-an Allah SWT
2.2. Rukun Iman
2.3. Menghafal enam Rukun Iman
|
6
|
Akhlaq
3. Membiasakan perilaku terpuji sebagaimana perilaku para nabi dan rasul
|
3.1 Menampilkan perilaku adab belajar
3.2 Membiasakan berperilaku jujur, kasih sayang dan pemaaf
3.3 Membiasakan perilaku tanggung jawab
3.4 Terbiasa beradab sopan
|
3.1. Sikap, do’a sebelum
dan sesudah belajar
3.2. Perilaku jujur, disiplin, kasih sayang dan
pemaaf
3.3. Perilaku tanggungjawab
3.4. Perilaku sopan
|
6
|
Ibadah/Mu’amalah
4. Mengenal rukun Islam
|
4.1 Mengenal 5 unsur Rukun Islam
4.2 Menghafal 5 unsur Rukun Islam
4.3 Mengartikan 5 unsur Rukun Islam
|
4.1. Rukun Islam
4.2. Unsur-unsur Rukun Islam
4.3. Arti unsur-unsur Rukun Islam
|
4
|
5. Mengenal Bersuci (thaharah)
|
5.1 Mengetahui
pengertian bersuci
5.2 Mengetahui macam -macam bersuci
5.3 Mengetahui tata cara bersuci
5.4 Mengetahui tata cara istinja’
|
5.1. Pengertian bersuci (Thaharah)
5.2. Macam-macam bersuci
(Thaharah)
5.3. Tata cara bersuci (Thaharah)
5.4. Tata cara beristinja’
|
4
|
Tarikh
6. Mengetahui nama-nama para Nabi
|
6.1 Mengenal Nabi dan Rasul
6.2.Menceritakan kisahNabi Sulaiman
|
6.1. Nama Nabi 25 Nabi dan rasul
6.2. Nabi Sulaiman
|
6
|
0 Response to "Program Tahunan Kelas 1 Semester 1"
Posting Komentar